TUTORIAL CHEMDRAW

Mudahnya Membuat Struktur Glukosa Menggunakan Aplikasi ChemDraw

Salah satu kegunaan Teknologi informasi dalam bidang kimia adalah aplikasi ChemDraw. ChemDraw merupakan salah satu program aplikasi dari Chem Office, untuk menggambar struktur 2D dalam bidang ilmu kimia, terutama kimia organik, biokimia, dan polimer. Software ini dapat membantu kita dalam menggambar struktur kimia dengan berbagai fasilitasnya. Sofware ini banyak memilki kelebihan untuk mempermudah kita menggambar rumus kimia. Untuk menggambar rumus molekul kimia Chem Office menyertakan Chem Draw dan Chem 3D.

Chemdraw merupakan software kimia dari produk CambridgeSoft.com. ChemDraw memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat nama dan struktur senyawa, membuat struktur streokimia dengan benar dari nama kimia, menghitung rumus molekul dan berat molekul, dan mendapatkan nama IUPAC dengan akurat dari struktur. Perkiraan spektra NMR dari struktur suatu senyawa dengan atom langsung dengan korelasi spektral. Selain itu, ChemDraw dilengkapi dengan peringatan jika terjadi kesalahan dalam pembuatan struktur kimia. Peringatan tersebut biasanya berwarna merah dan mengelilingi bagian struktur yang salah.

Meskipun software lama, software ini sangat bermanfaat, khususnya bagi kita yang keseharian berkecimpung di bidang kimia. Program gratis ini dapat digunakan untuk menggambar berbagi bentuk atau rumus molekul senyawa. Jadi, kita tidak repot menggambar di Word yang super rumit. Tentu saja yang paling membantu adalah kita bisa copas hasil gambar kita ke Word, bahkan bisa diedit juga.

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana untuk membuat reaksi kimia menggunakan ChemDraw. Kali ini saya akan membuat molekul monosakarida yaitu glukosa (C6H12O6), dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi ChemDraw. Sebelumnya pastikan aplikasi ini sudah terinstal di PC anda. Kemudian akan muncul              tampilan default seperti ini.

2. Pilih bentuk segi enam pada bagian toolbar dengan cara megkliknya. Maka tampilannya akan seperti ini.

3. Ubah ketebalan garis-garis nya untuk mengetahui atom yang mendekati kita dengan atom yang menjauhi kita. caranya klik wedged bond atau Boldbond pada toolbar>klik pada garis pada segi enam yang akan diubah ketebalannya. Sehingga tampilan akan berubah menjadi seperti ini.

4. Klik unsur Oksigen yang ada pada tabel SPU untuk menggambar Oksigen dan klik pada gambar ikatan nomor 6. Cara menampilkan Sistem periodik klik View>klik show periodic tabel window. Letakkan Solid bond sebagai garis ikatan antar atom pada ikatan nomor 1,2,3,4, dan 5. maka tampilan akan seperti ini.

5. Letakkan gugus OH, unsur hidrogen pada struktur cincin. dibawah struktur cincin jika pada struktur liniernya OH terletak di sebelah Kanan, dan diatas struktur cincin jika pada pada struktur liniernya OH terletak di sebelah kiri. terlihat seperti gambar dibawah ini.

Untuk tutorial lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini.

Sekian tutorialnya. silahkan mencoba membuat bentuk struktur yang lain.

Selamat mencoba.

Selamat Berkreasi.

*Harap tinggalkan komentar dibawah ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *