OPINI PENDIDIKAN MASA KINI

“Pendidikan Masa Kini”

Bismillahirrohmanirrohim

Didik dan persiapkanlah anak-anakmu, sesuai zamannya, karena mereka diciptakan untuk hidup pada masa yang berbeda dengan masamu” (Ali bin Abi Thalib )

Pendidikan sangatt penting dalam kehidupan, karena tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang. Negara maju tentunya tidak terlepas dari dunia pendidikan. Semakin tinggi kualitas pendidikan suatu negara, maka semakin tinggi pula kualitas SDM yang akan didapat. Tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan SDM di Indonesia dengan semaksimal mungkin.Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh bagian dikehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin, bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan. Ada Empat point pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO yang perlu dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal, yaitu:

  1. learning to Know (belajar untuk mengetahui)
  2. learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu)
  3. learning to be (belajar untuk menjadi seseorang)
  4. learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama).

Menurut saya Indonesia belum menerapkan sepunuhnya point-point yang dicanangkan oleh UNESCO, Pendidikan di Indonesia juga minus dari kata ‘baik’. Sebagaimana pendidikan itu sendiri mempunyai makna sebagai ‘bekal’ untuk menjadikan setiap orang berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik. Mengapa saya beropini bahwa pendidikan di Indonesia minus dari kata ‘baik’? Kalau menurut pengamatan saya sendiri karena tidak semua sekolah memenuhi standar pendidikan yang layak. Saya ambil contoh masalah UN. Saya masih suka bingung untuk apa UN diadakan? Mengevaluasi hasil belajar siswa selama bertahun-tahun? Sebuah penentu kelayakan seorang siswa untuk lulus dari jenjang pendidikan yang sudah dia tempuh selama bertahun tahun hanya dengan 4 hari? Dibuat 20 paket dengan bobot soal yang sama berstandar internasional. Terus bagaimana nasibnya sekolah didaerah atau pedalaman yang masih minim fasilitas kalau bobot soalnya disamaratakan? Jadi bagaimana bisa UN dijadikansebagai penentuan kelulusan kalau tidak adil seperti ini? Yang ada UN dijadikan ladang uang bagi para oknum tidak bertanggung jawab membujuk siswa menerima bantuan instan dan akhirnya kecuranganpun terjadi. Jadi menurut saya pendidikan di Indonesia memang harus dirombak total. yah, memang hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan semudah membalikkan telapak tangan, tapi hal itu perlu Indonesia lakukan sedikit demi sedikit. Pendidikan bagi para pemuda Indonesia saat ini sangatlah penting untuk ditingkatkan mengingat negara-negara tetangga yang sudah sangat menunjukkan kemajuaan para pemuda negara nya.

Berkutip dari ucapan presiden kita, Ir. Soekarno “Beri aku sepuluh pemuda yang cinta negara ini (Indonesia), maka akan aku guncangkan dunia. Berkaca dari kutipan tersebut, maka tentu peran pemuda dalam membangun negeri ini sangat dibutuhkan. Dalam rangka pembangunan itu pula, tentu peran pemuda tidak terlepas dari salah satu elemen pembangunan ini, yakni Pendidikan. Pendidikan formal khususnya. Pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu, mentransfer pengetahuan, namun juga mendidik karakter pemuda bangsa sebagai pemuda yang dapat menjadi pemimpin yang Jujur Adil, dan Ulet nantinya. Dan seperti kita ketahui, khususnya kepada siswa-siswi SMA Negeri di Indonesia bahwa KBM( Kegiatan Belajar Mengajar) kita juga disisipi oleh yang namannya pendidikan karakter.

Pendidikan di Indonesia sudah mendarah daging bagi kehidupan manusia di jaman globalisasi dengan permasalahan yang semakin rumit.Dapat kita pikirkan jika suatu bangsa tidak sadar akan adanya pendidikan atau tidak mendapatkan pendidikan yang selayaknya. Fakta miris terjadi di pelosok Indonesia tentang Pendidikan bukan hanya omongan belaka tetapi suatu fakta yang membuat kita sadar akan minimnya pendidikan di Indonesia.


One thought on “OPINI PENDIDIKAN MASA KINI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *