TUTORIAL APLIKASI HYPERCHEM

Tutorial Aplikasi Hyperchem dalam Menunjang Pembelajaran Kimia

Program HyperChem merupakan program kimia aplikasi 32 bit, yang dikembangkan oleh HyperCube Inc untuk system operasi Windows 95/98 dan Windows NT. Hyperchem merupakan program yang handal dari pemodelan molekul yang telah diakui mudah digunakan, fleksibel dan berkualitas. Dengan menggunakan visualisasi dan animasi tiga dimensi hasil perhitungan kimia kuantum, mekanika dan dinamika molekular, menjadikan Hyperchem terasa sangat mudah digunakan dibandingkan dengan program kimia kuantum yang lain.

Hyperchem adalah salah satu aplikasi kimia komputasi yang relatif mudah untuk digunakan karena sifatnya yang langsung bisa menunjukkan tampilan dari apa yang hendak kita buat. Meskipun demikian ini hanyalah sedikit tentang kemampuan Hyperchem yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar yang sederhana namun secara komputasi kimia dibenarkan. Tentu saja kalau semua kita lakukan dengan benar, tidak asal gambar, seperti sebelum menggunakan software layaknya Hyperchem ini.

Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana membuat molekul Glukosa dengan menggunakan aplikasi HyperChem. Kita telah mempelajari tentang bagaimana rumus glukosa disini. Sekarang kita akan melihat bagaimana bentuk molekul glukosa (C6H12O6) dengan menggunakan Hyperchem.

1. Buka aplikasi HyperChem. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal pada PC Anda. Tampilan default akan seperti ini.

     Jika anda tidak suka warna tampilan hitam. Anda dapat mengubah warna tampilan dengan cara klik menu file>       klik preferences>klik pada tab window color>pilih warna sesuai selera klik OK. Tampilan akan seperti ini            (jika pilih white).

2. Untuk mengubah tampilan senyawa klik Display > Rendering >Klik tab Rendering Method>Pilih Balls and            Cylinders pada Atom Rendering >klik OK.

3. Untuk manampilkan unsur-unsur dalam SPU, caranya klik build>klik default element>klik atom yang akan            kita buat yaitu unsur Karbon (C). Seperti gambar di bawah ini.

4. Untuk mulai menggambar klik ikon Draw yang berada pada sebelah kiri atas.

5. Gambar 6 atom C yang saling berikatan dan gambar atom O sesuai dengan rumus strutur glukosa. seperti pada          gambar berikut.

6. Untuk menambahkan Atom Hidrogen dapat dengan cara klik menu Build>klik Add H & Model Build

Setelah di klik akan berubah seperti pada gambar dibawah ini.

7. Untuk membuat bentuk molekul dalam keadaan stabil, dengan cara klik menu setup>klik semi-empirical>klik          AM1>klik OK.   Selanjutnya klik menu compute>klik Geometry Optimization>klik OK.

Untuk tutorial lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini.

Sekian Tutorialnya. Selamat mencoba dan Selamat berkreasi.

*Harap tinggalkan komentar dibawah ini


2 thoughts on “TUTORIAL APLIKASI HYPERCHEM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *